PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Gencarkan Benih Terstandar untuk Dongkrak Produktivitas Padi Karawang




 Pertanaman padi tersebut menunjukkan hasil yang memuaskan. Seperti yang ditunjukkan saat panen dan temu lapang bersama Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan jajarannya pada Rabu (24/5).

“Ini kita telah panen Inpari 36 dan Inpari 37 yang memiliki keunggulan potensi hasil tinggi, tahan terhadap penyakit tungro, dan tekstur nasinya yang pulen yang disukai masyarakat Indonesia,” jelasnya.

“Ini upaya pemerintah untuk memberikan informasi edukasi ke masyarakat bahwa pertanian kita terus menggeliat. Kita tahu Karawang sebagai penyangga produksi beras terbesar kedua di Indonesia dan saya harap produktivitasnya dapat terus ditingkatkan,” kata Harvick.

Plt. Kepala BSIP Fadjry Djufry dalam berbagai kesempatan selalu menggaungkan pentingnya standardisasi di dunia pertanian. Termasuk menggunakan benih terstandar untuk mendapatkan hasil yang optimal.

“Benih yang terstandar artinya benih yang bermutu dan mempunyai keunggulan-keunggulan. Tidak berhenti di situ, benih juga harus tersertifikasi, karena di situ ada serangkaian pemeriksaan dan pengujian mutu, sehingga benihnya terjamin bagi petani,” paparnya. (Hms/Nita)