PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Gorontalo Gelar Public Hearing Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik




 BSIP Gorontalo selaku lembaga publik juga telah menyiapkan standar pelayanan publik untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, dan untuk penyempurnaan SPP ini pada hari Selasa (29/8/2023) BSIP Gorontalo menggelar Public Hearing bertempat di Aula Momala BSIP Gorontalo.
Public Hearing ini menghadirkan narasumber dari Ombudsman Perwakilan Provinsi Gorontalo  Wahyudin Mamonto, BIRO organisasi dan Kepegawaian
Kepala BSIP Gorontalo Dr. Sumarni Panikkai, menyampaikan seluruh layanan yang dilakukan oleh BSIP Gorontalo. Kepala Balai berharap melalui public hearing ini dapat diperoleh saran dan masukan yang selanjutnya dapat digunakan untuk menyempurnakan Draft Standar Pelayanan Publik (SPP) BSIP Gorontalo sehingga dapat dijadikan pedoman dan diterapkan dalam memberikan pelayanan pengguna, petani, masyarakat dan stakeholders di sektor pertanian.
Beberapa fasilitas pelayanan publiknya yang disediakan BSIP Gorontalo, mulai dari penyediaan ruang tamu yang nyaman, buku tamu digital, layanan pengaduan baik secara tertulis maupun secara online, penyedian fasilitas ramah disabilitas, penyiapan aplikasi mobile sedang dalam proses, penyediaan informasi publik melalui website, portal PPID dan media sosial BPSIP Gorontalo. Selain itu, BPSIP Gorontalo juga melakukan evaluasi pelayanan publik melalui 
dan 2). Evaluasi Standar Pelayanan Publik setiap 1 (satu) tahun sekali dan dilakukan peninjauan ulang setiap 3 (tiga) tahun sekali sesuai peraturan perundang-undangan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Gorontalo, Wahyudin, mengatakan berdasarkan Peraturan MenPAN RB Nomor 15 tahun 2014 bahwa Setiap Penyelenggara Pelayanan Publik wajib menetapkan dan menerapkan Standar Pelayanan Publik untuk setiap jenis pelayanan. Standar Pelayanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Ombudsman juga memberikan apresiasi kepada BSIP Gorontalo yang terus berbenah menyediakan sarana-prasarana pelayanan publik.
Public hearing juga mengundang para mitra dan stakeholder BPSIP Gorontalo antara lain Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Gorontalo, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Gorontalo, Dinas Perkebunan Prov. Gorontalo, Dinas Perindustrian Prov. Gorontalo, Balai Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab/Kota Se Provinsi Gorontalo, Universitas negeri/Swasta se Provinsi Gorontalo, SMK Pertanian Se Provinsi Gorontalo.