PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Gorontalo diseminasikan sistem Tanam Benih Langsung (TABELA)




 Kepala BSIP Gorontalo, Dr. Sumarni Panikkai, SP, M.Si, memberikan contoh tentang cara menggunakan sistem tanam padi dengan menggunakan tabela kepada para petani di kelompok tani tersebut.

 

Sistem tanam benih langsung (tabela) merupakan sistem penanaman tanaman padi tanpa melalui persemaian dan pemindahan bibit yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air dan pupuk, serta mengoptimalkan pengaturan jarak tanam antarbibit. Melalui diseminasi ini, BSIP Gorontalo berupaya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada petani setempat agar mereka dapat mengadopsi teknologi tersebut dengan baik.

 

Pihak BSIP Gorontalo juga menyediakan dukungan teknis dan pendampingan bagi para petani yang menerapkan sistem tabela, sehingga mereka dapat mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama proses adaptasi. Dengan kolaborasi antara BSIP Gorontalo dan petani lokal, diharapkan pertanian di Desa Dumati dapat menjadi contoh sukses implementasi teknologi pertanian modern di wilayah Gorontalo.