PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Perkuat Kapasitas Pejabat Fungsional




 Sekretaris Badan Dr. Haris Syahbuddin melaporkan bahwa temu teknis dihadiri oleh 3.979 pegawai baik secara langsung maupun virtual. Temu teknis terbagi atas sesi bimbingan teknis dan pemaparan makalah terkait pertanian. Para pejabat fungsional dapat meningkatkan wawasan sekaligus bertukar informasi mengenai perkembangan dan kebaruan sesuai bidang keahlian masing-masing.

Kepala Badan Prof. Dr. Fadjry Djufry menekankan pentingnya penguatan sumber daya manusia (SDM) guna meningkatkan pelayanan kepada seluruh stakeholder bidang pertanian untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui sektor pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Oleh karena itu, BSIP turut menghadirkan narasumber dari Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Plt. Sekretaris Utama BSN, dan Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan, dan Halal BSN. Narasumber tersebut memaparkan proses perumusan dan penerapan standar maupun kebijakannya sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Dengan demikian, diharapkan BSIP ke depan dapat berkontribusi pada pembangunan pertanian melalui produk dan sistem pertanian yang terstandar. “Kita ada arahan dari Pak Menteri segera menyiapkan benih dan bibit terstandar-tersertifikasi. Dengan benih terstandar di masyarakat, peningkatan produksi dapat optimal,” kata Fadjry. (Hms/Nita)