PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Gorontalo Dorong Ketahanan Pangan melalui Pemanfaatan Pekarangan dan Peran Perempuan




 Salah satu pendekatan yang diusung adalah pemanfaatan pekarangan melalui skala rumah tangga atau keluarga. Dengan menanam berbagai jenis tanaman, memelihara ternak kecil, unggas, dan ikan, diharapkan dapat menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara berkelanjutan, guna memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Dalam kegiatan ini, BSIP Gorontalo menjadi narasumber, memberikan wawasan dan panduan teknis terkait pemanfaatan pekarangan. Materi yang disampaikan mencakup optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan memberikan panduan mengenai teknik bercocok tanam yang terstandar dalam skala rumah tangga, serta pemeliharaan tanaman di lingkungan rumah.

Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti dengan antusias oleh kader PKK dan kelompok wanita di tiap dasa wisma. Mereka mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi dan metode yang dapat diterapkan dalam memaksimalkan fungsi pekarangan sebagai sumber pangan keluarga. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Pantungo dapat meningkatkan ketahanan pangan secara berkelanjutan dan memberdayakan peran perempuan dalam pengelolaan ketahanan pangan keluarga.