PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Gorontalo laksanakan Sosialisasi Dukungan BSIP terhadap peningkatan daya saing produk pertanian spesifik lokasi di Provinsi Gorontalo.




BSIP Gorontalo mengadakan acara sosialisasi guna mendukung peningkatan daya saing produk pertanian spesifik lokasi di wilayah Gorontalo. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai pihak terkait yang memiliki peran penting dalam sektor pertanian di Provinsi Gorontalo.
Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Muljady Mario yang juga menyampaikan materi mengenai Program Strategis sektor Pertanian di wilayah tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan peran, tugas, dan fungsi BSIP sesuai spesifik lokasi di Provinsi Gorontalo serta pentingnya standarisasi dalam meningkatkan daya saing produk pertanian.
Dr. Sumarni Panikkai, SP, M.Si, selaku Kepala BSIP Gorontalo, memberikan sosialisasi tentang peran BSIP dalam peningkatan daya saing produk pangan pertanian. Dalam materi yang disampaikan, ia menjelaskan pentingnya adanya standar kualitas dan proses sertifikasi untuk meningkatkan daya saing produk pertanian lokal.
Selain itu, acara ini juga menghadirkan materi mengenai Prosesur Izin Edar Makanan dan Produk asal Komoditi Pertanian dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengedarkan makanan dan produk pertanian.
Acara sosialisasi BSIP Gorontalo ini dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta yang berasal dari berbagai instansi terkait, antara lain Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten/Kota, Ketua Perwakilan OMBUDSMAN, Ketua KTNA Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Penanaman Modal, Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Perindakop, Kepala Balai Sertifikasi Pengujian Mutu Barang, dan pejabat fungsional lingkup BSIP Gorontalo.
Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya standarisasi dan sertifikasi dalam pengembangan produk pertanian spesifik lokasi di Provinsi Gorontalo. Dukungan BSIP Gorontalo ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pertanian serta meningkatkan daya saing produk pertanian lokal dalam pasar nasional maupun internasional.