PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

BSIP Gorontalo Laksanakan Public Hearing bersama Stakeholder dan Petani di Provinsi Gorontalo




Gorontalo, 26 Mei 2023 - BSIP Gorontalo mengadakan Public Hearing yang melibatkan para stakeholder dan petani di Provinsi Gorontalo. Public Hearing ini dilaksanakan dalam rangka identifikasi kebutuhan standar dalam sektor pertanian di daerah gorontalo.
Dalam hasil identifikasi kebutuhan standar, disepakati bahwa komoditas unggulan Provinsi Gorontalo yang akan diterapkan standarnya meliputi jagung, padi, cabai, bawang merah, kelapa, kopi, kakao, dan ayam. Seluruh instrumen pertanian yang terlibat dalam rantai nilai, mulai dari hulu ke hilir, akan distandardisasi. Instrumen-instrumen tersebut mencakup benih, pupuk organik, biopestisida, alat dan mesin pertanian, budidaya tanaman dan ternak, produk segar, serta produk olahan hasil pertanian.
Dalam kesempatan ini, BSIP Gorontalo juga menerima masukan terkait komoditi lain yang memiliki potensi daya saing ekspor untuk dilakukan standardisasi, seperti porang, sarang burung walet, serta produk-produk mikrobiologi yang berguna untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman.
Selain itu, Fatmah Sari Indah Hiola, SP selaku Sub Koordinator Kerja Sama BSIP Gorontalo, juga menyampaikan informasi mengenai penyusunan Rancangan Standar Pelayanan Publik di BSIP Gorontalo. Rancangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh BSIP kepada masyarakat.
Berikut ini adalah beberapa layanan yang akan disediakan dalam Standar Pelayanan Publik (SPP) di BSIP Gorontalo:
Layanan pendampingan penerapan dan diseminasi standar instrumen pertanian (spesifik lokasi):
b. Magang/PKL: Program magang atau Pendidikan Kerja Lapangan (PKL) akan disediakan bagi mereka yang ingin memperoleh pengalaman langsung dalam penerapan standar pertanian.
d. Visitor plot: Petani dan stakeholder lainnya dapat mengunjungi "visitor plot" yang akan dijadikan contoh penerapan standar pertanian yang baik.
BSIP Gorontalo akan memfasilitasi pengelolaan produk instrumen hasil standardisasi pertanian, seperti unit pengelola benih unggul (UPBS), perbenihan, dan Tagrostandar.
Dengan adanya layanan-layanan tersebut dalam Standar Pelayanan Publik (SPP) di BSIP Gorontalo, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi petani dan stakeholders di sektor pertanian. Petani akan mendapatkan pendampingan dan bimbingan yang memadai dalam penerapan standar instrumen pertanian, sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian mereka.