PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Semangat Belajar Penyuluh Polman Menggali Ide Berita dan Teknik Reportase Wawancara




 Semangat Belajar Penyuluh Polman Menggali Ide Berita dan Teknik Reportase Wawancara

 
Mamuju, 1 Desember 2022
 
Menghadapi era digital Penyuluh Pertanian di Kabupaten Polman dituntut untuk terus meningkatkan kompetensinya. Sebagai Penyuluh Pertanian memiliki peran penting untuk memberitakan seluruh aktifitas yang dilakukan baik berupa pendampingan petani, keberhasilan yang telah dicapai maupun kendala yang dihadapi di lapangan. Pemberitaan dapat melalui media sosial pribadi masing-masing Penyuluh Pertanian maupun instansi terkait. Hal tersebut akan menggambarkan salah satu rekam jejak digital kinerja Penyuluh Pertanian dalam melaksanakan kegiatan di lapangan.
 
Pada kegiatan BIMTEK Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Era Digital, Penyuluh Pertanian sebagai peserta diajak mempraktekkan tentang menggali ide berita. Sebanyak 50 peserta BIMTEK dibagi menjadi 6 kelompok kecil, dan masing-masing kelompok diminta untuk mengangkat ide berita berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan dipandu langsung oleh Narasumber Bapak Zulkarnain Hamson.
 
Setelah menentukan ide berita dan melakukan pemecahan masalah, masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Terakhir, berdasarkan fakta-fakta di lapangan dan ide berita yang diangkat masing-masing Penyuluh Pertanian diminta oleh Narasumber membuat redaksi berita.