PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Sharing Materi Berbagai Kepakaran dari BPTP Sulbar dan Tenaga Profesional




 Sharing Materi Berbagai Kepakaran dari BPTP Sulbar dan Tenaga Profesional

 
Kegiatan Bimbingan Teknis “Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Era Digital” dilaksanakan di Meeting Room Hotel Ratih, Kabupaten Polewali Mandar. Peserta bimtek terdiri dari Jabatan Fungsional BPTP Sulbar, Koordinator BPP se Kabupaten Polman, dan perwakilan Penyuluh Pertanian Lapangan Kabupaten Polman. Adapun pelaksanaannya dibagi tiga sesi, Sesi I dan II dipimpin oleh RD Teguh Widjanarko dan sesi III dipimpin oleh Masdar Fatman, S.P, M.Si.
 
Pada sesi I, materi tentang “Peran dan Fungsi Penyuluh Pertanian sesuai SKKNI No. 162 Tahun 2021” yang disampaikan oleh Religius Heryanto, S.ST dan Andi Mukmin, S.P dan materi kedua tentang “Membangun Kemitraan Agribisnis Berkelanjutan” yang disampaikan oleh Dr.Ir.Nurdiah Husanah, M.Si dan Nini Kusrini, M.Si.
 
Selanjutnya sesi II dengan materi “Standar Mutu Komoditas tanaman Pangan” yang disampaikan oleh Ketut Indrayana, S.TP dan materi kedua tentang “Penguasaan Teknologi Pertanian Sebagai Materi Penyuluhan” yang disampaikan oleh Ir Marthen P. Sirappa, M.Si. Dilanjutkan sesi III materi tentang “Menggali Ide Berita dan Teknik Reportase Wawancara” yang disampaikan oleh Zulkarnain Hamson, S.Sos., M.Si.
 
Secara spesifik tujuan dari penyelenggaraan BIMTEK Penigkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Era Digital meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan Penyuluh Pertanian tentang (1) SKKNI No. 162 tahun 2021, (2) jurnalistik Pertanian (menggali ide berita, menulis berita, dan reportase wawancara), (3) teknologi pertanian spesifik lokasi, (4) kemitraan agribisnis, dan (5) standardisasi mutu komoditas tanaman pangan.
 
Harapannya dengan diselenggarakan kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Era Digital akan memberikan banyak manfaat bagi peserta khususnya Penyuluh Pertanian. Selain itu, dengan dilaksanakannya bimtek ini dapat menambah wawasan Penyuluh Pertanian terkait pentingnya peran teknologi pada sektor pertanian untuk menghadapi era digital dan industri 4.0.