PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Gorontalo

Pendampingan Vaksinasi dan Monitoring Perkembangan Ayam KUB di Kabupaten Gorontalo dan Kab. Boalemo




Dalam Rangka pelaksanaan kegiatan Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di Provinsi Gorontalo, BPTP Gorontalo melakukan pendampingan vaksinasi dan monitoring perkembangan Ayam KUB di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo.(31/07/2021).
Kali ini Dr. Andi Yulyani Fadwiwati, M.Si dan tim melakukan Pendampingan vaksinasi ND-IB (Newcastle disease – Infectious bronchitis) umur 1 minggu pada ayam KUB di Pondok Pesantren Modern Darul Madinah Wonosari, Desa Jatimulya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Vaksin berfungsi untuk membentuk dan menambah anti bodi semacam kekebalan tubuh bagi ayam agar terhindar dan kebal terhadap penyakit dan akhirnya produksi akan optimal. Jumlah ayam divaksinasi sebanyak 201 ekor dan rata-rata BB umur 1 minggu adalah 49,57 gr/ekor.

Dr. Andi Yulyani menjelaskan Agar kekebalan hasil vaksinasi optimal, sebaiknya saat melakukan vaksinasi perlu memperhatikan hal-hal berikut:

- Jangan gunakan vaksin jika botol retak atau segel rusak serta catat nomer batch vaksin dan perhatikan tanggal kedaluwarsanya.
- Ayam yang akan divaksin dalam kondisi sehat. Misalnya jika ayam sedang terkena korisa, sebaiknya dilakukan pengobatan terlebih dahulu.
- Gunakan teknik vaksinasi sesuai anjuran (tepat teknik).
- Pastikan setiap ekor mendapat dosis yang sama dan seragam. Saat vaksinasi, hindari perlakuan kasar yang menyebabkan ayam stres dan tidak tergesa-gesa, tidak ada ayam “lolos” tidak tervaksin serta perhatikan batas waktu vaksin setelah dilarutkan.
- Tiga hari sebelum dan sesudah vaksinasi, berikan vitamin atau imunomodulator (bahan alami/buatan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan) seperti Imustim untuk daya tahan dan hasil optimal.
- Agar hasil vaksinasi optimal, maka salah satu faktor yang perlu kita perhatikan yakni metode vaksinasi, seperti program vaksinasi dan teknik vaksinasinya. Namun perlu didukung dengan kualitas vaksin yang digunakan, kondisi ayam, pelaksana/operator dan pengelolaan lingkungan yang baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan monitoring perkembangan ayam KUB di Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan rata BB umur 9 minggu adalah 839 gr/ekor dengan jumlah populasi 179 ekor.